You are here:

Latar Belakang

Pusat pengembangan sumberdaya Wanita (PPSW), merupakan salah satu LSM perempuan di Indonesia yang terus konsisten mengembangkan dan mendampingi kelompok-kelompok perempuan di basis sejak berdiri tahun 1986 saat ini.

Sebagai sebuah organisasi, PPSW telah berevolusi berubah seiring perkembangan kondisi yang ada. Sejak April 2005 PPSW telah menjadi sebuah organisasi asosiasi dengan empat lembaga otonom yaitu PPSW Jakarta, PPSW Pasoendan, PPSW Borneo dan PPSW Sumatra. Sekretariat PPSW menjadi simpul yang mengkoordinir perkembangan lintas organisasi otonom agar tetap menjadi satu kesatuan gerakan asosiasi yang kuat dan efektif. Transformasi PPSW ini Sejalan dengan perkembangan sistem yang lebih terdesentralisasi di Indonesia saat ini. Lembaga-Lembaga otonomlah yang secara berkesinambungan akan mengembangkan dan mendampingi kelompok di wilayahnya masin-masing.

PPSW Jakarta sebagai salah satu lembaga otonom dalam asosiasi PPSW telah mendampingi 6.398 orang perempuan basis yang tergabung dalam 333 kelompok / koperasi yang berada di 28 kelurahan dari 18 kecamatan.

Tujuan utama PPSW jakarta adalah pemberdayaan perempuan khususnya yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat yang terkonsentrasi di daerah kumuh perkotaan. PPSW Jakarta memilih beberapa fokus persoalan yang di hadapi masyarakat seperti persoalan ekonomi, kesehatan reproduksi, pendidikan politik dan pendidikan sebagai pintu masuk dalam pengorganisasisan masyarakat khususnya kelompok-kelompok perempuan.


Untuk mencapai tujuan tersebut PPSW Jakarta melakukan berbagai kegiatan seperti memfasilitasi masyarakat melalui berbagai pelatihan dan lokakarya sesuai kebutuhan mereka, serta mengembangkan organisasi dan jaringan masyarakat lokal untuk mengadvokasikan kepentingan mereka. Selain itu PPSW Jakarta juga melakukan penelitian, penerbitan,seminar dan lokakarya guna menunjang kegiatan yang di lakukan bersama masyarakat.

PPSW Jakarta telah memiliki Badan Hukum Yayasan PPSW Jakarta, sejak 8 Nopember dengan Akta Notaris No 01, Ny. Asmara Noer SH.



Visi

Pemberdayaan perempuan dan transformasi sosial bagi status dan peran perempuan dalam masyarakat melalui peningkatan akses dan kontrol perempuan terhadap sumberdaya, guna menciptakan tatanan masyarakat yang lebih egaliter, demokratis, berkeadilan dan kesetaraan gender.


Misi

1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesejahteraan perempuan basis.

2. Mengembangkan kekuatan kolektif dan kepemimpinan perempuan melalui kelembagaan lokal yang demokratis.

3. Mengembangakan kelembagaan lokal perempuan untuk meningkatkan akses dan kontrol terhadap sumberdaya.

4. Memasyarakatkan konsepkeadilan kesetaraan gender dalam semua tingkatan.



Strategi

Untuk mencapai Visi dan Misi, PPSW Jakarta mengembangkan empat strategi besar pengorganisasian masyarakat yaitu :

· Membangun Visi dan Misi
· Peningkatan kapasitas
· Pengembangan organisasi dan jaringan kerja
· Advokasi kebijakan dan perubahan sosial
· Pengembangan organisasi dan jaringan kerja
· Advokasi kebijakan dan perubahan sosial

Program

Pengorganisasian Masyarakat

Pengorganisasian Masyarakat merupakan kegiatan utama PPSW Jakarta. Beberapa pola pendekatan diterapkan sesuai kebutuhan dan situasi masyarakat dalam melaksanakan program.  PPSW Jakarta mengorganisir perempuan di tingkat basis melalui kelompok-kelompok berdasarkan tempat tinggal dengan kegiatan ekonomi sebagai pintu masuk utama.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam kelompok, selain simpan pinjam juga pelatihan dan diskusi untuk menumbuhkan kesadaran kritis dan meningkatkan kapasitas sehingga  perempuan dapat menyelesaikan permasalahan dan melakukan perubahan di keluarga dan lingkungan.

Kepemimpinan di kelompok terus menerus  dilakukan secara berkesinambungan, supaya proses pengkaderan berjalan baik. Pengembangan kepemimpinan perempuan harus disiapkan sejak awal, karena ada tantangan budaya yang masih menghambat perempuan menjadi pemimpin.


Mengembangkan Koperasi Perempuan di tingkat basis

Pengembangan Koperasi Perempuan di tingkat basis merupakan salah satu pintu masuk untuk memberdayakan perempuan. Pengembangan Koperasi Perempuan ini sebagai bagian dari program penguatan ekonomi untuk perempuan  yang bertujuan untuk :


· Mengembangkan lembaga keuangan yang dimiliki oleh perempuan

· Membuka akses kredit, jaminan sosial dan sumberdaya lainnya bagi perempuan.
· Menghimpun dan mengembangkan dana simpanan masyarakat agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam
pengembangan perekonomian rakyat.
· Sebagai wadah untuk mengembangkan kepemimpinan perempuan

Pelatihan

PPSW Jakarta memfasilitasi berbagai pelatihan bagi masyarakat dampingan maupun lembaga-lembaga lain yang membutuhkan. Pelatihan yang diberikan mencakup tiga hal yaitu keterampilan tekhnis, keterampilan manajerial dan pengembangan diri. Pelatihan-pelatihan dasar meliputi :

Ø Pelatihan Pengorganisasian masyarakat (CO) untuk membangun visi tentang hidup dan kehidupan

Ø Pelatihan motivasi berkelompok, untuk memotivasi anggota agar mau bekerja sama dalam kelompok

Ø Pelatihan gender untuk membangun kesadaran kritis perempuan terhadap kesetaraan gender serta persoalan perempuan  baik persoalan praktis maupun struktural.

Ø Pelatihan manajemen kelompok dan kepemimpinan, untuk melatih kelompok dalam mengelola dan mengembangkan kelompoknya, serta mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan di wilayahnya.

Ø Pelatihan kader lokal : politik, hak-hak perempuan dan masalah-masalah perempuan, untuk mengembangkan pemimpin lokal sehingga mampu melakukan perubahan untuk diri, keluarga dan lingkungan.

Ø Pelatihan-pelatihan tekhnis, dengan memanfaatkan sumberdaya dan sumberdana di tingkat lokal.


 

Diskusi, Seminar dan Lokakarya

PPSW Jakarta memfasilitasi berbagai diskusi, seminar dan lokakarya sebagai bagian dari upaya advokasi. Persoalan yang berkaitan dengan kepentinganperempuan merupakan fokus diskusi, seminar dan lokakarya yang diorganisir dan difasilitasi oleh  PPSW Jakarta.

 

Struktur Organisasi

Struktur organisasi PPSW Jakarta seperti digambarkan sebagai berikut:

 

CLICK HERE

PDF 

Copyright © PPSW Jakarta 2018

Template by Ndoyz.